Home / Pena Artikel & Opini / Dampak Bermain Game Pada Masa Pandemi Covid -19

Dampak Bermain Game Pada Masa Pandemi Covid -19

Nur Jeniyanti Tabeney
Mahasiswa POLTEKES Kendari Jurusan Analis Kesehatan

Pena Aspirasi- Artikel, Menurut kamus Macmillan (2009- 2011) Game adalah aktifitas yang dilakukan untuk fun atau menyenangkan yang memiliki aturan sehingga ada yang menang dan ada yang kalah. Sedangkan Menurut Eddy Liem, Direktur Indonesia Gamer, internet game adalah sebuah game atau permainan yang dimainkan secara online via internet, bisa menggunakan PC (personal computer), atau konsol game biasa (PS-2, X-Box, dan sejenisnya) (Kompas cyber media, 2003). Adams & Rollings (2007) mendefinisikan game online sebagai permainan yang dapat diakses oleh banyak pemain, dimana mesin-mesin yang digunakan pemain dihubungkan oleh suatu jaringan internet.

Game online dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Zaman dulu game online hanya bisa di mainkan dengan menggunakan komputer saja. Tetapi saat ini game online bisa diakses menggunakan handphone. Rata-rata saat ini seorang pemain memainkan game online dengan menggunakan handphone dan jaringan internet yang memadai. Di dalam handphone biasanya game online dapat diunduh menggunakan Google Play Store. Di Google Play Store terdapat berbagai aplikasi yang dapat diunduh secara gratis maupun berbayar. Disana seseorang dapat mengunduh atau menginstal berbagai macam game online.

Jenis-jenis game online yang sering dimainkan saat ini yaitu Mobile Legend, PUBG, Free Fire, dan AOV yang merupakan game action. Biasanya seorang pemain menghilangkan rasa jenuhnya baik itu dari kegiatan sehari-hari (kerja, belajar, dan faktor lainnya) maupun sekadar mengisi waktu luang dengan bermain game online. Tetapi ada juga beberapa pemain yang menghabiskan waktunya berjam-jam, bahkan bisa seharian penuh untuk memainkannya dan ada juga yang menghabiskan seluruh waktu jaganya untuk bermain game online.

Dampak bermain game online bagi anak-anak sangat berbahaya karena jika seorang anak kecanduan dengan game online yang sedang di mainkan setiap hari maka berbagai penyakit akan muncul salah satunya adalah penyakit sindrom yang di mana penyakit tersebut mempengaruhi sistem syaraf pusat, penyakit tersebut seperti jari tangan selalu bergerak sendiri bahkan jika sedang tidak memegang handphone untuk bermain game online, contoh lain dari penyakit sindrom yaitu bola mata seorang pecandu game online terlihat berputar atau juling itu dikarenakan akibat selalu menatap layar handphone setiap hari atau setiap jam. Sangat banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh  dari bermain game online.

Di dunia pendidikan dampak bermain game online salah satunya adalah anak-anak sangat malas untuk belajar dan hanya terobsesi dan terpaku dengan game online yang mereka mainkan. Saat ini perkembangan zaman semakin berkembang di antaranya di bidang teknologi, sehingga banyak orang yang bermain game online sampai lupa waktu, berimbas pada anak-anak sampai remaja dimana pada masa pandemi covid 19 seharusya banyak belajar untuk masa depan mereka melainkan banyak  dipergunakan untuk bermain game online hingga meninggalkan kewajibannya untuk belajar.

Pada saat ini banyak anak-anak ketika di suruh orang tua untuk belajar atau sekedar ke warung untuk membeli sesuatu mereka semakin sibuk dengan game online dan ketika mereka banyak bermain game maka akan menyebabkan dampak negatif seperti : malas, mudah sakit, kurang olahraga dan lain-lain. Game online yang sangat berkembang pesat saat ini yaitu : mobile legend, PUBG mobile, free fire, dll. Hal tersebut membuat anak-anak hingga remaja ketagihan bermain game bahkan mereka rela menghabiskan uang untuk membeli kepentingan dalam game hingga menimbulkan implusifitas. (*)

About admin

Check Also

Panglima TNI : TNI Siap Evakuasi WNI di Wuhan

Pena Aspirasi-Jakarta,   Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang terisolasi akibat Virus Corona di kota Wuhan, China. Demikian disampaikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money