Home / Pena Daerah / 1.747 Wisudawan Universitas Islam Sultan Agung – Semarang Yang Islami Dan Berprestasi

1.747 Wisudawan Universitas Islam Sultan Agung – Semarang Yang Islami Dan Berprestasi

Pena Aspirasi-Semarang, Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) Semarang yang menaungi Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Jumat (25/10/2019) berhasil mewisuda 1.747 wisudawan lulusan ke-78 dari Universitas terbesar dan terbaik di Jawa Tengah. Hingga sekarang ini Universitas yang menjunjung tinggi budaya Khoirul Ummah ini, telah meluluskan 42.935 alumni yang berkarya dan berkontribusi positif memajukan Indonesia.

Rektor Unissula Prof.Ir Prabowo Setiawan, MT, PhD mengatakan, para wisudawan diminta untuk meningkatkan diri sehingga bisa mendapatkan ridho Allah.Oleh karena itu, prestasi merupakan amanah, namun para wisudawan meski sudah diwisuda sebenarnya implementasi ilmu yang diperoleh dalam perjalanan yang tidak pernah berakhir. Bahkan dalam kehidupan di kampus setiap hari banyak menemukan masalah.

‘’Jadi  hidup itu harus mengamalkan ilmu dalam setiap harinya,’’paparnya dalam wejangannya kepada para wisudawan di Auditorium Unissula Jalan Kaligawe Semarang, Jumat (25/10/2019).

Dijelaskan, selain mahasiswa prestasi dosen Unissula juga tidak kalah cemerlang. Salah satu prestasi prestisius yang berhasil dicatatkan yakni penemuan alat peredam bising karya dosen yang juga dekan Fakultas Teknologi Industri Dr Sri Arttini Dwi Prasetyowati MSi meraih hak paten alat peredam dari Kemenkumham.

‘’Hal ini sekaligus menjawab harapan Kemenristekdikti agar Universitas mengarahkan riset dan inovasi, berorientasi komersialisasi dalam rangka menghasilkan hak paten,’’ujarnya.

Namun demikian, lanjutnya tidak mengherankan berbagai prestasi tersebut berhasil mendorong Unissula menjadi Universitas Islam swasta terbaik di Jawa Tengah. Unissula juga masuk 20 PTS terbaik di Indonesia dan menempati urutan 61 nasional dari lebih 4.500 perguruan tinggi di Indonesia. ‘’Berdasarkan data yang dirilis Kemenristekdikti dalam 100 besar klasterisasi perguruan tinggi non vokasi tahun 2019,’’paparnya.

Sementara itu LLDikti VI yang diwakili oleh Amsar SH, MM meminta pengelola perguruann tinggi, meski sudah mendapat akreditas unggul (A) dengan indikator tata kelola yayasan baik,professional dan penuh tanggungjawab, jangan sampai kelalaian dalam mengajukan akreditasi BAN PT. ‘’Jika sampai kadaluwarsa maka akareditasi semula baik itu, tidak bisa berlaku dalam kelulusan perguruan tinggi tersebut,’’paparnya.

Terkait masalah sumber daya manusia atau dosen, menurutnya,  dalam jabatan akademik di Unissula sebanyak 475 orang sebagai dosen tetap, 218 masih status tenaga pengajar, sehingga sangat ironis sekali. Oleh karena itu, rektor dan yayasan supaya memotivasi usulan jabatan fungsional  melalui Si JAGO yang dikelola oleh LL Dikti Jateng.

‘’Yang jelas 66 dosen Unissula mempunyai jabatan Lektor Kepala, jumlah ini cukup besar dalam tataran professor, sehingga diharapkan segera mengajukan usulan professor dan dalam waktu 5 tahun kedepan cukup signifikan,’’pungkasnya.  (Suparman)

About admin

Check Also

186 Prajurit TNI Kontigen Garuda UNIFIL Selesai Menjalani Karantina Setelah Tiba di Tanah Air

Pena Aspirasi- Bogor,  Sebanyak 186 personel  Satuan Tugas (Satgas) TNI Kontingen Garuda (Konga) United Nations …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by keepvid themefull earn money